Coach Outlet

Minggu, 22 Agustus 2010

Macam-macam jenis lensa kamera digital SLR

Lensa merupakan salah satu keunggulan kamera SLR. Tidak seperti kamera saku atau prosumer, lensa SLR bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.
dalam fotografi, ada 3 kategori umum dalam lensa, yaitu lensa sudut lebar, normal dan lensa sudut sempit(tele). Perbedaannya terletak pada panjang fokus lensa dan efek yang dihasilkan pada foto.

LENSA STANDAR


Lensa standar / normal adalah lensa yang paling jujur menghasilkan gambar. Hampir tidak ada perubahan dimensi dan proporsi pada subjek foto yang dibidik.
dua benda yang letakknya saling berpunggungan akan tampak proporsional jika difoto denan lensa ini. Sama seperti mata yang benda tersebut tanpa kamera.





contoh hasil standar lens





LENSA SUDUT LEBAR (WIDE LENS)

Lensa lebar maupun lensa tele memiliki efek yang serupa, yakni mengubah dimensi dan proporsi subjek foto atau disebut distorsi. Sifat utama lensa lebar adalah menjauhkan subjek foto. Dua benda yang tampak berdekatan seolah berlokasi jauh dibandingkan jika dilihat dengan mata biasa. subjek yang posisinya lebih jauh dari lensa tamapak jauh lebih kecil dibandingkan subjek yang berada lebih dekat.




contoh hasil wide lens




 LENSA TELE

Berlawanan dari lensa lebar, lensa panjang memiliki sifat mendekatkan subjek foto. Proporsi benda yang letaknya menjauhi lensa tidak terlalu jauh dibandingkan benda yang berada lebih dekat. Akibatnya, gamabar yang terekam akan tampak lebih padat. Jika tidak hati-hati memakainya, foto yang dihasilkan justru tampakpenuh atau malah berantakan.




contoh hasil lensa tele




LENSA MAKRO

Lensa ini memiliki keunggulan yakni bisa memotret benda dari jarak yang sangat dekat. Bisa dari jarak 1 meter (pada lensa tele), 5 atau 2 sentimeter (lensa lebar / standar), bahkan ada yang bisa ditempelkan pada subyek foto. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret benda yang sangat kecil.
Lensa ini biasanya memiliki ukuran pembesaran (magnification). Nilai magnification 1:1 berarti gambar yang terekam pada sensor sama besarnya dengan ukuran benda sebenarnya. Ada pula yang bernilai 2:1, dimana foto terekam 2 kali lebih besar dai ukuran asli benda.

contoh hasil makro lens



LENSA ZOOM


Disebut zoom karena lensa ini memiliki rentang fokal yang beragam. Lensa Zoom bisa saja mencakup rentang lensa lebar hingga lensa normal, misalnya 18-55 mm. Bisa pula dengan fokal normal hingga tele, seperti 50-150 milimeter. Ada pula lensa rentang lebar hingga tele, misal 18-200 mm.Jika ada lensa zoom, maka ada pula lensa fixed. Lensa ini hanya memiliki satu panjang fokal, misal 20mm, 50mm, 60mm, 135mm, 200mm dan seterusnya.

contoh hasil lensa zoom



LENSA TILT-SHIFT

Lens ini memungkinkan kita mendapat kedalaman dari luas lahan bahkan pada diafragma maksimum dan masih dapat menjaga keseluruhan subjek tetap fokus. Gerakan Shift seperti efek trapesium pada gambar, agar tidak mendistorsi subjek







contoh hasil lensa tilt-shift


semoga bermanfaat....salam jepret 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar